Sabtu, 31 Oktober 2009

“ Asal Mula Wujudnya Adam As “

Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk,(S. Al Hijr: 28) atau (Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah".(S. Shaad, ayat 71) sesudah diberi ruh (nyawa) kemudian hidup dengan daging, darah dan tulang. Sesudah Nabi Adam As. Wujud, maka Nabi Adam As. Semua para Malaikat sama melaksanakan sujud kecuali iblis yang menolak perintah Allah swt. Untuk bersujud pada Nabi Adam As. Karena iblis bersifat takabur sombong dan meras paling mulia dari Nabi Adam As. Sebab dijadikan dari api sedangkan Nabi Adam As dari tanah. Karena itu iblis termasuk golongan kafir , karena itu Allah swt mengusir dirinya dari surga. Adapun sujudnya para malaikat pada nabi adam as tadi bukanlah sujud ibdah sebagaimana sujudnya orang sholat , tetapi sujudnya sebagai ta’ata atau tunduk memulyakan atau menghormati para Nabi Adam As. Karena Nabi Adam As mempunyai ilmu pengetahuan dari Allah swt. hingga bisa memberi nama pada barang-barang yang ditanya pada Nabi Adam As, sedangkan Malaikat tidak bisa mengetahuinya. Allah swt berfirman dalam (Surat Shaad 71-72):
71. (Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah".
72. Maka apabila Telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)Ku; Maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya".

11. Sesungguhnya kami Telah menciptakan kamu (Adam), lalu kami bentuk tubuhmu, Kemudian kami katakan kepada para malaikat: "Bersujudlah kamu kepada Adam", Maka merekapun bersujud kecuali iblis. dia tidak termasuk mereka yang bersujud.

Allah bertanya pada iblis apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada adam) diwaktu aku menyuruhmu ? iblis menjawab : Saya lebih baik dari adam, engkau menciptakn aku dari api sedang dia (Adam) engkau ciptakan dari tanah.

13. Allah berfirman: "Turunlah kamu dari surga itu; Karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, Maka keluarlah, Sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina".
Sesudah keadaan iblis dikeluarkan oleh Allah dari surga, maka iblis meminta pada Allah agar umurnya dipanjangkan saampai hingga datang hari akhir. Dan iblis mengancam Nabi Adam As dan cucunya, akan dibujuk rayu dan disesatkan, dari jalan (tuntunan) yang benar, hingga tidak ada yang (ta’at) mengikuti perintah Allah swt. dan menjauhi semua larangannya sehingga iblis dan setan bertujuan membujuk dengan bermacam-macam cara dari segala jurusan (sebelah) kanan, kiri serta arah muka dan belakang, sampai mengikuti bujuk dan rayuannya serta menjadi temannya hingga masuk bersama-sama ke dalam siksa Allah swt. ke Neraka. Karena itu Allah memberikanperjanjian pada Adam (anak cucunya) Siapa yang mengikuti tingkah lakunya syetan/iblis, maka dia menjadi temanya dan nantinya akan aku masukan, kesiksaanKu yaitu Neraka (tempat iblis dan teman-temanya).

16. Iblis menjawab: "Karena Engkau Telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,

Kemudian saya mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka, dan enngkau tidak akan mendapatkan mereka bersyukkur (taat) maka Allah berfirman keluarlah kamu dari surga itu. Sebagai orang terhina dan terusir, benar-benar akku akan mengisi Neraka jahanam dengan kamu semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar